Brand Value | $ 1 Miliar |
Industri | Luxury Fashion |
Berdiri Sejak | 1917 |
Asal Negara | Spanyol |
Pendiri | Cristobal Balenciaga |
Kantor Pusat | Perancis/Paris |
Balenciaga adalah high fashion brand yang masih sangat populer meski telah berusia lebih dari 1 abad. Di tengah pertumbuhan pesat generasi muda yang menguasai pasar, Balenciaga membuktikan kemampuannya untuk beradaptasi dan bertahan sebagai high-fashion brand unggulan dunia. Caranya dengan melakukan inovasi berupa perubahan konsep yang semula berfokus ke gaya simpel dan elegan menjadi ke arah streetwear.
Bagi kamu penggemar brand Balenciaga, kali ini kami akan memberikan informasi terkait histori dan informasi menarik lainnya tentangnya. Simak ulasannya di bawah ini ya!
Daftar isi:
Histori Brand
Brand Balenciaga diciptakan sejak tahun 1917. Namun, rumah modenya pertama kali didirikan oleh Cristobal Balenciaga di San Sebastian, Spanyol pada tahun 1918. Baju rancangan Balenciaga sangat terkenal hingga diminati keluarga kerajaan dan kaum aristokrat Spanyol saat itu.
Di tahun 1937, rumah mode ini kemudian terpaksa ditutup dan direlokasi ke Avenue George V Paris, Perancis, akibat pecahnya Perang Saudara Spanyol. Rancangannya kala itu terinspirasi oleh Spanish Renaissance dan dalam waktu 2 tahun sejak pembukaan tokonya di Paris, media Perancis banyak memberitakannya dan menjuluki sebagai desainer revolusioner.
Seiring berjalannya waktu, Balenciaga terus berkembang menjadi salah satu fashion brand paling terkenal di dunia seperti saat ini. Kini pemilik Balenciaga adalah perusahan multinasional Perancis, Kering, dengan jabatan Creative Director dipegang oleh Demna Gvasalia.
Deskripsi Produk
Produk rancangan Balenciaga terdiri dari variasi produk ready to wear yang meliputi atasan, bawahan, topi, tas, dan alas kaki serta aksesoris. Produk Balenciaga populer sebagai produk revolusioner pada tren fashion wanita era 50-an hingga 60-an karena menggunakan material sutera dan memiliki desain pakaian yang berpotongan garis linier tubuh, sehingga memberi efek siluet yang membuat tubuh terlihat lebih kurus dan pundak lebih lebar.
Berbeda dengan rivalnya Dior yang saat itu populer dengan desain pakaian yang berpotongan jam pasir. Selain itu, Balenciaga juga populer dengan bubble skirt-nya, dan bracelet sleeves-nya. Konsep yang diusung ultra-modern tapi tetap feminin.
Saat ini di bawah arahan Creative Director, Demna Gvasalia, rancangan produk Balenciaga sedang berfokus pada estetika desain sportswear, khususnya soal kenyamanan, fungsionalitas dan teknikalitas produk berkonsep modern. Salah satu contoh produk yang telah dirilis dan sangat populer adalah sepatu jenis sock sneakers, bernama Speed Sock.
Speed Sock berhasil menarik minat banyak fashionista dan influencer di seluruh dunia. Balenciaga menyebut desain Speed Sock tak hanya sporty tapi juga sangat inovatif dan konstruksinya mampu menunjang performa aktivitas olahraga yang dilakukan.
Kisaran Harga Produk
Berdasarkan data yang dimuat di Lux Digital, Balenciaga berada di peringkat ke-enam sebagai high-fashion brand paling populer di tahun 2020. Peringkat ini secara tidak langsung menunjukkan harga produk Balenciaga yang diatas rata-rata.
Namun, tentu saja harga tergantung produk apa yang kamu beli. Untuk koleksi ready to wear seperti produk kaos kaki misalnya, harganya berkisar $ 90. Harga produk T-shirt berkisar antara $ 300 – $ 500. Harga produk sepatu Speed Sock berkisar antara $ 500 – $ 700. Harga produk jaket dan coat berkisar antara $ 2000 – $ 5000.
Di Indonesia, Balenciaga telah memiliki official store yang berlokasi di Mall Senayan City, Jakarta. Jadi, bagi kamu yang tertarik membeli produknya tak perlu jauh-jauh berbelanja ke luar negeri. Itulah segala informasi yang bisa sampaikan mengenai brand Balenciaga. Sekian dan semoga bermanfaat.