Teknologi text-to-speech merupakan salah satu tren baru yang sangat membantu aktivitas manusia. Dengan program berbasis teknologi artificial intelligence, kamu dapat mengubah tulisan menjadi suara dalam natural yang mirip dengan pengucapan manusia asli. Google yang merupakan salah satu leader dalam teknologi TTS mulanya meluncurkan teknologi ini dalam layanan Google Translate.

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan pasar, teknologi text-to-speech milik Google ini kemudian dimunculkan sebagai sebuah platform pada salah satu produk Google Cloud. Hal ini tentu menjadi peluang bagi para perusahaan digital untuk mengembangkan platform text-to-speech milik mereka sendiri dengan keunggulannya masing-masing.

Text to Speech Google Terbaik

Lewat tulisan ini, Giftcard akan mengulas 3 aplikasi text-to-speech terbaik berbasis teknologi Google yang dapat mengubah tulisan kamu menjadi suara buatan yang mendukung bahasa Indonesia. Untungnya, semua layanan yang kami ulas disini memiliki versi gratis, sehingga kalian tidak perlu khawatir dalam mencoba setiap layanan TTS sesuai panduan yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Sound of Text

Sebagai salah satu pelopor aplikasi konversi tulisan menjadi suara, sound of text memiliki keunggulan utama yaitu kemudahan dalam penggunaannya serta layanan yang 100% gratis alias tidak menawarkan paket versi berbayar. Keunggulan lainnya yang dimiliki web apps satu ini adalah tersedianya API serta platform yang open source dan dapat diakses gratis di GitHub.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan jika kamu seorang pengembang untuk dapat membuat aplikasi text to speech berbasis suara Google dengan versi kamu sendiri. Cara menggunakannya pun relatif mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi Sund of text dengan mengikuti langkah sederhana berikut ini:

Konversi Tulisan Menjadi Suara Dengan Sound Of Text
Konversi Tulisan Menjadi Suara Dengan Sound Of Text
  1. Buka situs https://soundoftext.com/
  2. Copy-paste atau salin-tempel tulisan yang sudah Anda siapkan pada kolom dibawah tulisan Text.
  3. Pilih bahasa suara dengan mengklik menu Voice dibawah text box yang telah disediakan.
  4. Putar suara untuk mengevaluasi suara yang dihasilkan sudah sesuai dengan keinginan mu atau belum.
  5. Jika kamu puas, unduh audio tersebut dalam format MP3 pada tombol Download yang ada dibagian bawah kolom paling bawah.

Mudah saja bukan menggunakan salah satu aplikasi text-to-speech Google bernama Sound of Text ini? Eits, walaupun semua layanan yang disediakan ini gratis, kamu juga tetap bisa berdonasi mulai dari $5 pada halaman diatas.

FreeTTS – Text to MP3 Online

Agak sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya, freeTTS menyediakan program text-to-speech dengan pengaturan suara yang lebih beragam. Misalnya untuk bahasa Indonesia, kamu dapat memilih 3 varian suara mulai dari sound of text pria hingga suara wanita. Lewat aplikasi ini pula, kamu dapat memasukkan atribut SSML di dalam teksnya agar audio yang dihasilkan lebih hidup dan kaya intonasi.

Cara menggunakan freeTTS juga tidak kalah mudah dengan Sound of text, berikut langkah-langkah mengonversi teks ke dalam suara menggunakan aplikasi freeTTS ini:

Aplikasi Freetts Versi Gratis
Aplikasi Freetts Versi Gratis
  1. Buka halaman https://freetts.com/
  2. Siapkan tulisan yang ingin Anda ubah ke dalam bentuk audio dalam format mp3.
  3. Ketikan atau copy-paste tulisan tersebut pada kolom putih yang tersedia pada halaman utama freeTTS.
  4. Dalam versi gratis, kamu hanya bisa menginput maksimal 6000 karakter per minggunya, pastikan teks yang kamu masukkan tidak lebih dari 6000 karakter.
  5. Pilih bahasa serta voice style yang ada di bagian bawah kolom teks. Jika kamu ingin suara laki-laki yang terdengar profesional, kamu bisa menggunakan gaya bicara id-ID-Standard-C pada pilihan voice style-nya.
  6. Klik Convert jika pengaturan sudah selesai dan dengarkan audio hasil konversi tersebut. Jika dirasa cocok, kamu dapat mengunduh MP3 suara tersebut dengan cara klik tombol Click to download audio yang berwarna biru di bagian bawah mp3 player.

Sederhana bukan menggunakan freeTTS.com untuk mengkonversi tulisan ke dalam audio mp3? Dengan tools ini pula, kamu dapat membuat suara dari pesan WhatsApp, nada dering, serta pengisi suara untuk konten berbasis video sepeerti TikTok dan Instagram. Menarik bukan?

Voice Maker – Text to Speech Converter

Tools terakhir yang akan kami ulas pada tulisan kali ini adalah salah satu yang paling populer dan kaya fitur di kelasnya. Apalagi jika bukan VoiceMaker.in, aplikasi pengubah teks menjadi suara yang dikembangkan oleh tim berkebangsaan India ini bisa dibilang layanan TTS paling premium. Dengan pilihan efek suara serta pilihan “emosi” seperti marah, sedih, takut yang bisa diatur dalam bahasa tertentu membuat aplikasi ini berbeda dari layanan text-to-speech biasanya.

Penasaran dengan layanan VoiceMaker? Langsung saja ikuti tutorial singkat dibawah ini untuk dapat menggunakan Voice Maker dan merasakan keunikan fitur-fiturnya:

Program Tts Penuh Kustomasi Di Voicemaker
Program TTS Penuh Kustomasi Di Voicemaker
  1. Buka aplikasi https://voicemaker.in/
  2. Masukkan teks pada kolom yang telah disediakan, untuk pengguna yang tidak memiliki akun login, kamu hanya dapat mengonversi maksimal 250 karakter untuk diubah menjadi suara.
  3. Pilih AI engine mulai dari mode Standard TTS atau Neural TTS untuk jenis suara yang paling mirip dengan manusia pada umumnya.
  4. Pilih bahasa serta jenis suara mulai dari gender sampai pengaturan yang lebih advanced seperti kecepatan bicara, pitch, format file audio, hingga efek senang, sedih, atau napas yang bisa diterapkan pada bahasa tertentu.
  5. Ketuk tombol Convert to Speech untuk mengunduh file audio dan klik Download MP3 untuk menyimpan suara ke dalam penyimpanan lokal kamu baik di ponsel maupun PC.

Tidak sulit bukan mengubah tek ke dalam tulisan dengan VoiceMaker? Sebenarnya, hal yang paling disayangkan dari aplikasi ini adalah jumlah kata yang ditawarkan dalam versi gratis paling sedikit dibandingkan dua program tts lainnya. Bagi kamu yang sudah mendaftar akun versi gratis di VoiceMaker, kamu hanya dapat mengkonversi hingga 400 karakter teks per sekali konversi. Tentunya, jumlah suara ini juga sebanding dengan kualitas audio dan pilihan kustomasi yang bisa kamu terapkan, jadi tidak ada salahnya mencoba Voice Maker jika tulisan yang kamu miliki relatif pendek.

Itulah ulasan lengkap serta tutorial penggunaannya masing-masing mengenai tools text-to-speech yang bisa kamu gunakan dan mendukung bahasa Indonesia sebagai salah satu suara robot di dalam engine tts-nya.

Jika merasa masih kurang puas , mungkin kamu perlu mencoba Botika TTS di tautan botika.online/TextToSpeech sebagai salah satu produk suara robot berbasis AI karya dalam negeri. Jika harus memilih kualitas suara apalagi dalam bahasa Indonesia, Botika atau yang biasa dicari orang sebagai Botika Dotkom memiliki hasil audio yang terbaik.

Hanya saja, jika kamu membutuhkan aplikasi yang bisa mengkonversi tulisan dalam jumlah lebih banyak tanpa mengeluarkan biaya, Sound of Text bisa jadi pilihan utama. Saran kami, kamu coba saja keempat tools TTS diatas dan bandingkan mana yang terbaik versi diri kamu sendiri, toh keempatnya bisa kamu coba secara gratis, tunggu apalagi, silakan coba sendiri ya guys!