Belakangan ini, teknologi text to speech sedang tren dikalangan pecinta teknologi. Hadirnya beragam aplikasi yang dapat merubah tulisan menjadi suara seperti Sound of text, freeTTS, hingga Voice Maker membuat penggunaan suara buatan ini sudah merambah ke dalam banyak bidang.

Untuk bahasa Indonesia sendiri, sudah tersedia aplikasi Botika text to speech yang mampu mengubah teks menjadi suara buatan yang terdengar natural seperti ucapan manusia asli. Dengan dukungan teknologi Natural Neural Network, Botika speech dapat membuat suara Google dengan intonasi dan pengucapan yang pas dan terbaik dibanding kompetitor lainnya.

Dengan keunggulan tersebut, tentu menjadikan suara dari Botika sebagai nada dering WhatsApp yang dapat menyebutkan nama pemiliknya bisa menjadi opsi menarik. Selain suara ringtone notifikasi kamu akan terdengar lebih alami, pengucapan gaya wanita yang profesional juga akan menghilangkan kesan “alay” walaupun kamu memakai suara text to speech sebagai nada dering.

Cara Buat Suara Google Botika jadi Nada Dering WA

Daripada penasaran, yuk langsung simak saja panduan singkat untuk membuat nada dering atau ringtone notifikasi WhatsApp dari suara Botika speech. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Buka program Botika text to speech di tautan botika.online/TextToSpeech
  2. Scroll ke bawah dan masukkan tulisan dalam bahasa Indonesia kamu pada kotak Text to speech.
  3. Pilih suara yang ingin dibuat antara pengucapan wanita dewasa [Female 1] yang memiliki kesan resmi atau suara wanita muda [Female 2] yang memiliki gaya bicara lebih cepat dan terkesan santai
  4. Klik kotak verifikasi captcha yang berada disamping tulisan I’m not a robot
  5. Tekan tombol Play untuk mendengar suara hasil konversi tulisan yang kamu masukkan atau langsung unduh dengan menekan tombol dengan icon Download
  6. Simpan file mp3 hasil unduhan tadi di ponsel kamu.
Cara Buat Suara Natural Dengan Botika
Cara Buat Suara Natural Dengan Botika

Ganti Nada Dering WA dengan Suara Botika

Setelah kamu berhasil mendapatkan file audio dari suara Botika, sekarang kamu tinggal memasang file mp3 tersebut sebagai nada dering notifikasi di aplikasi WhatsApp. Adapun cara mengganti nada dering bawaan WhatsApp dengan file audio tadi adalah sebagai berikut:

Cara Menambahkan Mp3 Sebagai Ringtone
Cara Menambahkan Mp3 Sebagai Ringtone
  1. Tambahkan audio dalam format mp3 yang sudah kamu simpan di dalam ponsel sebagai nada dering dengan cara masuk ke Settings > Ringtone > Klik Icon + > Pilih File mp3 lalu klik Done seperti panduan gambar diatas.
  2. Setelahnya, kamu tinggal mengatur file mp3 tersebut sebagai nada dering atau notifikasi WA masuk di aplikasi WhatsApp dengan cara buka aplikasi WA, lalu klik titik tiga (pengaturan) yang ada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.
  3. Pilih menu Notifications > Notification tone > Pilih nama mp3 yang tadi sudah kamu simpan ke dalam ponsel seperti gambar dibawah ini. Sampai disini, kamu sudah berhasil mengganti nada dering WhatsApp menggunakan suara Google atau suara robot yang dihasilkan Botika text to speech.
Cara Mengubah Notif Wa Dengan Nada Dering Pribadi
Cara Mengubah Notif Wa Dengan Nada Dering Pribadi

Dengan mengikuti tahapan-tahapan diatas, kamu sudah bisa memasang nada dering WhatsApp yang bisa menyebutkan nama pemiliknya dengan bantuan engine Botika. Sebenarnya, selain dapat membantu kamu untuk membuat nada dering untuk aplikasi WA, Botika juga memiliki produk Chatbotika.

Aplikasi Chatbotika ini dapat membantu pengusaha UMKM serta para penjual online shop untuk mengelola percakapan dengan pelanggan lewat beragam platform chatting populer seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, dan LINE lewat satu aplikasi terintegrasi.

Sebagai salah satu startup Indonesia yang fokus dalam pengembangan teknologi berbasis artificial intelligence dan pemberdayaan teknologi robot otomatis, tentu tidak ada salahnya kamu mengenal lebih dalam mengenai produk-produk dan layanan yang disediakan oleh Botika.online. Langsung saja kunjungi situs tersebut dan rasakan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh platform terotomatisasi dari Botika!